Monday, September 30, 2013

contoh RPP Bahasa Inggris SMA/MA



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Nama Sekolah               :     SMA/MA .............................
Mata Pelajaran              :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester            :     XII / 1
Alokasi Waktu               :     4 x 45 menit ( 2x pertemuan )
Topik Pembelajaran    :     Text Explanation
Pertemuan Ke               :

A.     Standar Kompetensi
         Menulis
6.               Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana narrative, explanation, dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
6.2.            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion .
                          
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Menggunakan adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
§  Menghasilkan teks berbentuk explanation

Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
·               Menggunakan adverbial clause dalam membuat sebuah explanation
·               Menghasilkan teks berbentuk explanation

E.     Materi Pokok
teks berbentuk explanation , kosa kata yang terkait

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:

Three – phase technique

·                      Pre listening
·                      Whilst listening
·                      Post Listening

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Bertanya jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Menceritakan kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§  Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
§  Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§  Bertanya jawab tentang teks explanation , kosa kata yang terkait dengan kelompok belajarnya
§  Membahas nilai-nilai yang terkandung dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§  Mendengarkan cerita (secara langsung atau dengan media elektronik).
§  Membacakan teks explanation , kosa kata yang terkait kepada kelompok (monolog).

§  Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§  Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.


Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
§  Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
§  Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
§  Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
§  Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
§  Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai teks pamphlet , kosa kata yang terkait.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa membuat kalimat teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam teks explanation , kosa kata yang terkait.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks explanation , kosa kata yang terkait.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
§  Buku teks yang relevan : English Texts in Use jilid XI, English For Better Life XI
§  Transkrip percakapan atau rekaman percakapan/ kaset
§  Gambar yang relevan
§  Script monolog berbentuk banner, poster atau pamplet

I.       Penilaian

 

I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.



No.

Indikator
Teknik
Bentuk
Contoh
1.






Memahami isi materi teks explanation , kosa kata yang terkait.

Tes Tertulis


Essay
Listen to the following advertisement and answer the questions!




II. Instrumen  Penilaian


Writing Test
q  Now it is time for you to write your own explanation text.
q  Choose one of the titles below
q  Don’t forget to use the generic structure  of an explanation text.
Titles :
v  How telephone works?
v  How telex works
v  Why leaves fall in Autumn season
v  …………………………………(your own title)

Generic Structure

……………………………………
A General Statement
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..

Explanation
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..

Closing (if any)
…………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………..


III.  Pedoman Penilaian    

No.
Aspek yang dinilai
Skor
1
Ketepatan isi dan tema
0 – 17
2
Struktur kalimat
0 – 17
3
Koherensi antar kalimat
0 – 17
4
Kompleksitas (Ketepatan penggunaan kata  dan istilah)
0 – 17
5
Tanda baca
0 – 16
6.
Ejaan kata
0 – 16

Skor maksimum
100


No comments:

Post a Comment